Pendidikan

Kegunaan, Sifat, dan Contoh Haloalkana – Materi Kimia Kelas 12

Di sini akan dibahas mengenai pengertian, kegunaan, sifat, dan contoh haloalkana, beserta contoh soal dan pembahasannya.

Halo, Sobat Nomortogelhariini! Elo udah pernah mendengar tentang senyawa haloalkana belum? Ketika elo masuk ke kelas 12, elo pasti akan bersinggungan dengan istilah ini.

Secara garis besar, senyawa haloalkana merupakan turunan dari alkana. Dari namanya aja udah jelas, yaitu terdiri dari halogen alkana, disingkat menjadi haloalkana. Jadi, sebelum mempelajari materi ini, alangkah lebih baiknya elo paham dulu materi struktur dan tata nama senyawa alkana. Buat mereview kembali materi tersebut, elo bisa langsung meluncur ke video belajar Nomortogelhariini di sini.

Menonton: Kegunaan, Sifat, dan Contoh Haloalkana – Materi Kimia Kelas 12

Dengan begitu, bisa kita katakan bahwa pengertian haloalkana, yaitu:

Suatu kelompok senyawa kimia yang berasal dari turunan alkana dan mengikat satu atau lebih unsur halogen.”

Klasifikasi Haloalkana

Ketika berbicara mengenai senyawa halo, umumnya klasifikasinya didasarkan oleh hibridisasi atom karbon yang berikatan dengan halogen, yaitu sp3 dan sp2. Klasifikasinya bisa elo lihat pada poin berikut ini.

  • Sp3: alkil halida, alil halida, benzil halida.
  • Sp2: vinil halida dan aril halida.
Hibridisasi Sp3

Hibridisasi sp3 artinya atom karbon yang berikatan dengan halogen memiliki ikatan tunggal. Elo bisa lihat klasifikasinya di bawah ini.

Alkil Halida

Rumus umum alkil halida adalah R – X. Dengan R adalah senyawa karbon dan X senyawa halogen (F/Cl/Br/I). Rumus ini seringkali dinyatakan juga sebagai rumus umum haloalkana.

Contohnya adalah CH3Br (metil bromida), etil iodida, isopropil klorida, dan tersier butil florida.

Alil Halida

Suatu senyawa dikatakan sebagai alil halida apabila terdapat ikatan rangkap yang berada di sebelah atom C dan berikatan dengan halogen.

Benzil Halida

Ciri khas senyawa ini yaitu terdapat cincin aromatik di sebelah atom C dan berikatan dengan halogen.

Hibridisasi Sp2

Hibridisasi sp2 artinya atom karbon yang berikatan dengan halogen memiliki ikatan rangkap. Berikut adalah klasifikasinya.

Vinil Halida

Rumus umum dari vinil halida adalah CH2 = CH – X

Vinil halida terjadi ketika halogen yang berikatan dengan C yang memiliki ikatan rangkap. Jadi, vinil halida adalah suatu senyawa dimana atom halogen berikatan dengan atom C yang memiliki ikatan rangkap 2 atau hibridisasi sp2.

Aril Halida

Aril halida merupakan senyawa yang atom halogennya berikatan dengan C aromatik. Jenis aril halida ada 3, yaitu monohaloarena, dihaloarena, dan trihaloarena.

Kalau elo penasaran dengan penjelasan yang lebih detail, langsung meluncur aja ke video belajar Nomortogelhariini dengan klik banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran kimia di zenius

Baca Juga: Senyawa Aromatik Benzena – Materi Kimia Kelas 12

Sifat Haloalkana

Supaya lebih mudah dalam mengenali senyawa haloalkana, elo harus kenalan dulu nih sama sifat-sifatnya.

Sifat fisis haloalkana ditentukan oleh gaya antar molekul yang bergantung pada jenis atom, posisi atom halogen, dan panjang rantai karbonnya. Titik didih dan titik leleh yang dimiliki haloalkana juga lebih tinggi daripada senyawa alkana dengan jumlah atom C yang sama. Kenapa ya kok bisa begitu? Karena, ada pergantian atom hidrogen menjadi halogen, dan halogen memiliki massa atom yang lebih besar daripada hidrogen.

Selain itu, senyawa haloalkana juga nggak membentuk ikatan hidrogen dan nggak larut dalam air ya, guys.

Baca Juga: Mengenal Ikatan Kimia dan Jenisnya

Kegunaan dan Contoh Haloalkana

Apa sih kegunaan senyawa haloalkana? Lalu, contoh haloalkana itu ada apa aja sih di kehidupan kita?

Contoh Soal Haloalkana dan Pembahasannya

Udah paham kan pengertian dan contoh haloalkana? Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi di atas, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi. Yuk, langsung siapkan alat tulis untuk mencatat!

nomortogelhariini.net

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button

Bạn đang dùng trình chặn quảng cáo!

Bạn đang dùng trình chặn quảng cáo!