Pendidikan

Infografis: Jenis-jenis Wayang, Unsur, hingga Keberhasilan yang Dicapai

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan kesenian dan budaya. Apalagi mengingat Indonesia punya 34 provinsi dengan ragam suku, bahasa, sampai ke kulinernya juga!

Salah satu kesenian budaya Indonesia yang terkenal banget dan sudah diakui oleh dunia yaitu kesenian wayang. Wayang sendiri merupakan sebuah boneka tiruan yang ditujukan untuk memerankan tokoh dalam cerita atau drama tradisional.

Contohnya tuh kayak cerita tradisional tentang Mahabarata dan Ramayana, Leluhur Pandawa, Gatotkaca, dan masih banyak lagi. Kalau elo mau tahu lebih banyak soal ini dan gimana eksistensi wayang di era modern kayak sekarang, elo bisa cari tahu jawabannya di Sejarah Wayang: Menilik Perkembangan Budaya Klasik.

Menonton: Infografis: Jenis-jenis Wayang, Unsur, hingga Keberhasilan yang Dicapai

Ternyata, wayang yang sudah ada selama ratusan tahun ini ada jenis-jenisnya tersendiri, lho. Jenis wayang ini punya keunikan dan membawakan ceritanya masing-masing juga. Selain jenisnya, di setiap pertunjukan wayang khususnya wayang kulit, ada unsur-unsur yang nggak boleh ketinggalan! Kalau ada yang kurang, pertunjukannya bisa nggak jadi tampil, deh.

Meskipun sudah jarang rasanya melihat pertunjukan wayang di zaman sekarang, tapi nggak bisa dipungkiri kalau wayang jadi salah satu kesenian Indonesia yang sangat membanggakan. Apalagi mengingat wayang sudah banyak membawa keberhasilan menarik untuk negara kita.

Jadi penasaran nggak, sih, sama wayang? Supaya nggak berlama-lama lagi, yuk langsung kita bahas jenis wayang, unsur pewayangan, dan keberhasilan wayang lewat infografis di bawah ini!

Baca Juga: Infografis: Fakta Anime Menarik, Budaya Populer di Jepang

Jenis-jenis Wayang, Kesenian Budaya Asal Indonesia

Infografis: Jenis-jenis Wayang, Unsur, hingga Keberhasilan yang Dicapai 9
Infografis Wayang (Arsip Nomortogelhariini, dok. Berbagai Sumber)

Referensi

Introduction to the Types of Wayang – Kriya Nusantara (2017)

8 Types of Indonesian Wayang Historically Exist – Facts of Indonesia

Unsur-Unsur yang Berperan Dalam Pertunjukan Wayang Kulit – Seni Budayaku

Indonesian Traditional Puppets facts – Facts of Indonesia

Wayang Kulit: Pengertian, Sejarah dan Jenis Beserta Penjelasan Lengkap – Pesona Indonesia

Wayang Gedog, Cerita Panji Dalam Pewayangan – Metrum (2019)

Kisah Wayang Beber, Wayang Tertua di Indonesia – Indonesia.go.id (2019)

Sumber Gambar: Simon Fraser University, Wikimedia Commons, Kant-Achilles, Wayang Beber (Photo: https://commons.wikimedia.org/wiki/file:abb68;gelaran).

Diposting oleh: nomortogelhariini.net

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button

Bạn đang dùng trình chặn quảng cáo!

Bạn đang dùng trình chặn quảng cáo!