Pendidikan

Faktor yang Memengaruhi Kurs Valuta Asing – Materi Ekonomi Kelas 11

Hai, Sobat Nomortogelhariini! Elo punya uang nggak di dompet sekarang? Tenang, gue bukan mau malak kok. Nah, coba sekarang elo liat di dompet elo ada mata uang apa aja selain rupiah? Kalau elo punya uang dollar atau euro, itu artinya elo punya yang namanya valuta asing. 

Ngomongin tentang valuta asing, kali ini gue mau ngajak elo buat cari tahu lebih banyak tentang, apa sih valuta asing itu? Biar elo nggak makin penasaran, simak terus ya penjelasan gue!

Pengertian Valuta Asing

Oke, Sobat Nomortogelhariini, sekarang gue mau ngenalin ke elo dulu nih, apa yang dimaksud dengan valuta asing?

Menonton: Faktor yang Memengaruhi Kurs Valuta Asing – Materi Ekonomi Kelas 11

Sederhananya, valuta asing adalah uang dalam bentuk mata uang dari negara lain. Inget ya valuta asing itu berbeda dengan devisa. Oke, lanjut ngomongin valuta asing. Nah, misalnya kita di Indonesia memiliki mata uang yaitu rupiah, maka valuta asing yang kita kenal adalah mata uang selain dari Indonesia, seperti tadi gue contohin dollar atau euro. Udah paham dong sekarang bentuknya valuta asing itu apa? 

Karena valuta asing ini merupakan mata uang, maka ia juga memiliki kurs atau harga yang resmi dan tercatat di bank sentral. Inget ya, karena dia merupakan mata uang asing maka tentunya nggak bisa nih kita pakai di dalam negeri, kalau masih di Indonesia ya kita pakai mata uang negara kita dong rupiah. 

pengertian valuta asing
Valuta Asing (Dok. Wikimedia Commons)

 Baca Juga: Sumber dan Fungsi Devisa Negara – Materi Ekonomi Kelas 11

Fungsi Valuta Asing

Elo pasti kepo dong, kenapa sih harus ada valuta asing segala, emang fungsinya apa sih? Nah, gue jelasin nih apa aja fungsinya. Beberapa fungsi dari valuta asing antara lain:

  1. Valuta asing dapat digunakan untuk keperluan berdagang dengan negara lain.
  2. Untuk berinvestasi, maksudnya adalah kalau elo mau membangun bisnis di negara lain tentunya elo butuh mata uang negara tersebut dong atau valuta asing, nggak bisa tuh pakai rupiah.
  3. Sebagai alat bayar hutang, contohnya nih hutang negara, nggak bisa juga dong dibayar menggunakan rupiah, tentu pembayarannya adalah dengan valuta asing.
  4. Untuk keperluan berwisata, misal kalau elo ke luar negeri, salah satu hal yang elo perlu siapin tentu adalah mata uang dari negara yang elo mau kunjungin itu kan? Nggak bisa dong elo ke Amerika tapi di sana elo masih pakai rupiah buat alat pembayaran. 

Terus mungkin elo bertanya-tanya, dimana sih kita harus nyari valuta asing tersebut? Jawabannya adalah di pasar uang, contohnya di money changer. Harga valuta asing ditentukan oleh kurs, apa itu kurs? Kurs merupakan nilai atau harga mata uang sebuah negara yang diukur dalam mata uang negara lain.

Kalau elo ke bank atau ke money changer, elo pasti sering ngeliat tulisan $ 1 = Rp15.000. Di situ berarti setiap 1 dollar harganya adalah 15 ribu rupiah. Nah inilah yang dinamakan sebagai kurs. Selain valuta asing, ada juga alat pembayaran internasional yang lain, elo bisa baca di sini.

Fungsi Valuta Asing
BRI Money Changer (Dok. BRI)

Sistem Valuta Asing

Sampai saat ini, ada tiga valuta asing yang digunakan dan dikenal secara umum di dunia perdagangan dan bisnis. Apa aja sih? Ketiga sistem valas tersebut adalah sistem Kurs Bebas, sistem Kurs Tetap, dan sistem Kurs Terkendali. Biar makin jelas gue jelasin nih masing-masing valas tersebut.

  1. Sistem kurs bebas merupakan suatu sistem dimana nilai tukar mata uangnya akan ditentukan oleh kekuatan-kekuatan pasar. Penawaran dan permintaan pada mata uang asing tersebut menentukan nilai mata uang itu sendiri.
  2. Sistem kurs tetap merupakan suatu sistem nilai tukar mata uang yang bersifat tetap atau harus mengikuti aturan-aturan yang sudah dbuat oleh bank sentral (pemerintah).
  3. Sistem kurs terkendali merupakan suatu sistem nilai valuta asing yang di mana pemerintah dan pasar sama-sama mempunyai hak untuk menentukan nilai tukar valuta asing.

Faktor yang Mempengaruhi Kurs Valuta Asing

Sobat Nomortogelhariini, mungkin kalau elo perhatiin tiap hari ada berita tentang nilai kurs valuta asing. Jadi emang tiap harinya kurs ini di update gitu guys karena bisa aja berbeda dari hari sebelumnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan nilai kurs valuta asing berubah, antara lain: 

  1. Inflasi 

Inflasi merupakan kenaikan harga pada barang atau jasa. Inflasi juga merupakan penurunan nilai mata uang lokal. 

  1. Kegiatan Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran aktif akan meningkatkan nilai mata uang domestik dengan meningkatnya jumlah debitur asing. Namun, jika saldo pembayaran pasif, maka akan mengakibatkan menurunnya nilai tukar mata uang domestik yang pada akhirnya debitur akan menjual semuanya dengan mata uang asing dengan tujuan membayar kembali kewajiban eksternal mereka.

  1. Perbedaan Suku Bunga Antar Negara

Perbedaan suku bunga antar negara dapat mempengaruhi valuta asing. Contohnya adalah jika sebuah negara menaikkan suku bunganya, maka hal ini dapat menarik negara lain untuk memasukkan mata uangnya ke negara tersebut. Kurs valuta asing juga akan terpengaruh dari naiknya tingkat suku bunga. 

  1. Ekspektasi

Ekspektasi juga dapat mempengaruhi valuta asing. Ekspektasi nilai tukar bisa terjadi di masa mendatang sehingga pasar valuta asing akan bereaksi dengan cukup agresif pada setiap berita ataupun isu yang bisa berefek di kemudian hari.

Contohnya nih ketika ada pemberitaan tentang meningkatnya inflasi Amerika Serikat yang dapat mendorong pedagang valuta asing untuk menjual mata uang dolarnya, sebab diperkirakan nilai mata uang dolar bisa jadi turun di kemudian hari, maka hal ini secara otomatis akan menekan nilai tukar mata uang dolar di dalam pasar valuta asing 

Contoh Soal Valuta Asing dan Pembahasan

Dari materi yang udah gue paparin di atas, sekarang gue mau ngasih ke elo contoh soalnya nih

  1. Harga mata uang negara lain dikenal sebagai ….

A. Devisa

B. Valuta

C. Kurs

D. Surplus

E. Defisit

Jawaban: C. kurs 

Pembahasan: Kurs merupakan perbandingan nilai tukar harga mata uang negara lain dengan mata uang suatu negara. C benar.

2. Hal-hal yang dapat mempengaruhi penawaran mata uang ringgit Malaysia di Indonesia, kecuali ….

A. Orang Malaysia liburan ke Indonesia

B. Malaysia mengekspor beras ke Indonesia

C. Malaysia mengimpor sawit dari Indonesia

D. Orang Malaysia berinvestasi di Indonesia

E. Indonesia mendapat Investasi dari Malaysia

Jawaban: B. Malaysia mengekspor besar ke Indonesia

Pembahasan: Semakin banyak orang Malaysia liburan ke Indonesia membuat jumlah uang ringgit di Indonesia semakin banyak, sehingga penawaran mata uang ringgit di Indonesia bertambah.

Malaysia mengekspor beras ke Indonesia artinya Indonesia mengimpor beras dari Malaysia. Ketika Indonesia mengimpor sesuatu, maka yang akan terpengaruh adalah permintaan terhadap valuta asing. Dalam kasus ekspor beras Malaysia ke Indonesia, hal yang dipengaruhi oleh kejadian ini adalah permintaan terhadap ringgit Malaysia di Indonesia untuk membeli beras Malaysia. Jawabannya B.

Oke guys, itu tadi materi yang bisa gue bagi ke elo. Biar elo makin tercerahkan, elo bisa banget ngintip video pembelajaran yang bisa bantu elo biar makin paham materi ini. Caranya elo klik aja nih banner di bawah ini. Jangan lupa buat daftarin akun elo biar nggak ketinggalan materi menarik lainnya dari Nomortogelhariini ya! See you!

Materi belajar valuta asing di Nomortogelhariini

Baca Juga: Macam-Macam Alat Pembayaran Internasional – Materi Ekonomi Kelas 11

Diposting oleh: nomortogelhariini.net

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button

Bạn đang dùng trình chặn quảng cáo!

Bạn đang dùng trình chặn quảng cáo!