Pendidikan

Apa Itu Cover Letter? – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Halo Sobat Nomortogelhariini, udah tahu belum, apa arti cover letter?  

So, cover letter yaitu surat perkenalan yang biasanya dikirim bersama curriculum vitae atau resume, biasanya digunakan buat ngelamar kerja, atau ngelamar beasiswa.

Di sini gue akan bahas segala sesuatu tentang cover letter. Sebelumnya teman gue udah bahas nih mengenai job application letter. Nah, kalau elo mau tahu apa perbedaan cover letter dan application letter bisa klik di sini.

Menonton: Apa Itu Cover Letter? – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Seperti yang udah gue bilang di atas, kalau cover letter ini sama dengan motivation letter dalam konteks akademis. 

Fungsinya adalah buat nunjukin alasan kenapa elo pantas buat keterima kerja atau beasiswa tempat elo ngelamar. 

Ada beberapa alasan kenapa elo perlu bikin cover letter buat ngelamar kerja atau apply beasiswa, antara lain:

  1. Jadi perwakilan diri elo. Melalui cover letter, elo bisa ngenalin diri, termasuk elo sekarang lagi sekolah atau kerja di mana, atau lulusan mana.
  2. Bisa ngasih informasi lebih spesifik dan detail tentang diri elo kepada recruiter. Informasi spesifik itu seperti riwayat pendidikan dan pengalaman kerja, atau pengalaman berorganisasi yang nyambung sama pekerjaan yang dilamar. Melalui informasi ini, bisa menarik recruiter kalau elo cocok buat posisi ini.
  3. Melalui cover letter, elo bisa menyediakan informasi pribadi, seperti nama lengkap, lulusan mana, nomor telepon, alamat rumah, dan alamat email. Tujuannya, biar kalau elo keterima kerja dapat dihubungi dengan mudah.
  4. Bisa nunjukin passion atau minat elo pada posisi yang dilamar. Cover letter bisa jadi sarana buat curhat tentang minat dan keinginan elo buat berkontribusi secara profesional di posisi tersebut.
  5. Membuat first impression bagi recruiter. Terkadang, ada orang yang menilai karakter seseorang dari tulisan tangan. Elo bisa bikin cover letter itu semenarik dan sebaik mungkin (kalau disuruh nulis tangan), buat memberikan kesan pertama yang bagus kepada recruiter. Kalau kesan pertama aja udah jelek atau B aja, recruiter jadi males buat nerima elo.

Baca juga: Conditionals and Wishes – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Perbedaan Cover Letter dan Surat Lamaran

Sebelum memberikan struktur dan contoh, gue mau share dulu bedanya cover letter dan surat lamaran. Keduanya sepintas memang terlihat mirip. Akan tetapi, ada beberapa perbedaan antara cover letter dan surat lamaran kerja. 

Berdasarkan tujuannya, cover letter dibuat untuk mengidentifikasikan diri elo sebagai pengirim lamaran, sedangkan surat lamaran kerja untuk menunjukkan minat elo terhadap suatu lowongan pekerjaan.

Isi dari cover letter, antara lain: gambaran singkat tentang diri, riwayat pendidikan, kemampuan yang dimiliki, serta riwayat pekerjaan. Sedangkan isi dari surat lamaran kerja, antara lain: pengiriman lamaran dan kualifikasi diri yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Cover Letter yang Baik Itu Kayak Gimana Sih?

Elo udah tahu kan, cover letter itu apa dan kepentingannya untuk ngelamar kerja itu penting banget. Terus, gimana cara membuat cover letter bahasa Inggris yang baik dan benar?

Ciri cover letter yang mantap jiwa adalah sebagai berikut:

  1. Singkat dan simpel. Biasanya, cover letter hanya terdiri dari satu halaman ukuran A4. Panjang tulisan sekitar 250-300 kata. Yang penting, kalau bisa dalam 1 halaman ya.
  2. Harus up to date. Misalnya, kalau elo anak SMA dan mau ngelamar kerja, cukup masukin riwayat pendidikan terakhir, dimulai dari SMP. Sebisa mungkin tidak memasukkan riwayat sekolah elo dari SD, apalagi TK. Kelamaan.
  3. Tidak typo. Buat elo yang suka typo tiap ngetik chat ke gebetan, ilangin deh kebiasaan ini. Soalnya, typo bikin elo kelihatan nggak profesional. So, cek lagi penulisan cover letter yang udah dibikin sebelum elo kirim ke recruiter, biar nggak ada info yang salah.
  4. Tulis dalam bahasa Inggris. Elo udah tahu belum, kalau sebenarnya cover letter itu harus ditulis dalam bahasa Inggris? Karena, kalau nulis dalam bahasa Inggris, perusahaan yang dilamar jadi tahu tingkat pengetahuan elo tentang bahasa Inggris. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap lolos nggaknya nanti.

Struktur Cover Letter

Sekarang kita masuk ke struktur. Bikin cover letter tentunya nggak boleh asal nulis tanpa tahu urutan penulisannya. So, berikut struktur cover letter yang tepat:

  1. Header, yang terdiri dari:
  • Applicant information. Bagian ini berisi informasi dasar tentang pengirim cover letter. Dapat diisi dengan nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan alamat rumah.
  • Date. Isi dengan tanggal pengiriman surat. Perlu diingat untuk nyantumin ini ya!
  • Recipient information. Bagian ini berisi informasi penerima cover letter. Misalnya, ngirim cover letter ke HRD Nomortogelhariini. Isi bagian ini dengan nama HRD Nomortogelhariini (kalau tahu namanya) atau cukup dengan “HRD Nomortogelhariini Education”, posisi dia di perusahaan, nama perusahaan, dan alamat perusahaan. Bisa juga masukin email atau nomor HP-nya.
  1. Body, yang terdiri dari:
  • Greetings. Awali dengan menyapa penerima cover letter. Bisa nulis, “Dear Ms…”
  • Introduction. Biasanya, setelah menyapa orang baru, kita kenalan dong ya. So, pada paragraf pertama, kenalin nama elo siapa, alasan nulis surat itu, mau melamar di posisi apa, posisi sekarang jadi apa, dan dapat info loker itu dari mana.

Gue punya contoh cover letter bahasa Inggris, nih!

Misal: Cinta Sendiriwati mau ngelamar jadi Graphic Designer di Nomortogelhariini. Introduction-nya kurang lebih sebagai berikut:

I am writing to express my interest in the position as a Graphic Designer in Nomortogelhariini Education. My name is Cinta Sendiriwati and a freelance-working graphic designer interested in the possibility of joining the company. I learned of the opportunity through the job vacancy information published on the company website.

  • Background. Pada paragraf kedua, dituliskan latar belakang pendidikan dan pekerjaan sebelumnya. Cukup menuliskan info singkat tentang kuliah di mana, apa aja pengalaman kerja, dan berapa lama. Gue ngelanjutin contoh kayak yang di atas ya, si Cinta Sendiriwati.

Contoh selanjutnya: During my university years, I majored in Visual Communication Design and took freelancing jobs online upon my studies there. I have also worked briefly in a start-up company for years, where I was assigned to conceptualize and develop visual commercial designs before freelancing as I am now.

  • Skills. Selanjutnya, bisa nyeritain skill atau kemampuan yang dimiliki. Bisa juga nyantumin tanggung jawab yang pernah dikerjakan di sekolah atau perusahaan sebelumnya. Dengan ngejelasin deskripsi pekerjaan, skill yang dimiliki bakal kelihatan. Selain itu, kasih komentar tentang pengalaman yang udah dialami. Misalnya, cara menghadapi tantangan selama mengerjakan tanggung jawab. Bisa juga bisa nyantumin pengalaman organisasi yang pernah diikutin. Gue kasih contoh dari Cinta Sendiriwati ya:

In the company, my responsibilities were to handle design requests and conceptualize ideas given from the other teams. It was a challenging yet unforgettable experience where I had to learn to manage different requests with different ideas and be able to juggle them well.

  • Self promotion. Saatnya mempromosikan diri sebagai kandidat yang cocok buat mengisi posisi yang diminati. Masukkan juga skill tambahan dan nambahin penghargaan yang pernah didapat. Tunjukkin kalau bisa ngelakuin yang terbaik dalam posisi itu. Kalau versi Cinta Sendiriwati, jadinya gini:

I also experienced meeting client’s demands due to freelancing for the past year, I have learned to accommodate the needs for an illustration and do my best to deliver the message needed in a design. I am also well-immersed in numerous applications in the Adobe series and have experienced using them to accommodate the client’s needs.

  1. Conclusion. Tutup cover letter dengan menunjukkan minat elo buat masuk ke perusahaan tersebut, dan kenapa ingin banget keterima di situ. Elo juga bisa nunjukin kalau elo berharap dikontak balik sama recruiter. Jangan lupa buat mengucapkan terima kasih.

Contoh dari Cinta Sendiriwati: Although I have been freelancing to this date, the company’s vision to create more creative content for a more curious generation has piqued my interest. It would be a great opportunity for me to help the growth of the company and I hope we could meet within the near future to discuss further possibilities. Thank you for your consideration.

  1. Sign off. Pada bagian ini, bisa isi dengan “Sincerely,” atau “Yours sincerely”.
  2. Signature. Kasih tanda tangan di bawah sign off. Setelah nulis tanda tangan, tulis nama terang di bawahnya.

Kalau di atas tadi gue kasih contoh cover letter bahasa Inggris dengan menuliskan teksnya. Di bawah ini gue akan kasih gambarnya, biar semakin jelas deh:

cover letter
Contoh Cover Letter. Source: Nomortogelhariini Image

Baca juga: Vacancy Ads atau Job Advertisement – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Contoh Cover Letter

Sobat Nomortogelhariini kelas 12 maupun gapyear pasti menantikan bagian ini. Baiklah, gue akan berikan beberapa contoh cover letter yang semoga berguna untuk kehidupan karier elo.

Contoh Cover Letter Magang

Dear Nomortogelhariini Education,

I am writing to you to apply for the English Tutor intern position at Nomortogelhariini Education. As a student in the English Education Department, I believe that I can do a good job as an intern and get a lot of experience.

During my pastime in the university, I have studied a lot of subjects in the field of Education such as Micro Teaching, English Grammar for Teacher, Methods of Teaching English, Creative Teaching Methods, and others. Besides, I also joined the English Club at the university. Therefore, I’m ready to adapt to the working environment.

I have included my resume within my applications. Thank you for your consideration. I am so excited to hear from you soon.

Sincerely,

Arieni Mayesha

Contoh Cover Letter Fresh Graduate Bahasa Inggris

Dear Mr. Putu Nitya

I’m writing to you to apply for the position of SEO Writer in Nomortogelhariini Education as advertised on Kalibrr. I believe that I have a strong potential to do the job desk of that position.

During my time in the university, I have written some journals and articles about education with attention to SEO friendly and written some good articles considering human-friendliness. Besides, I also joined the Journalism for Student Olympiad and won as a runner up. Even though I am a fresh graduate from London School Public of Public Relations, I have joined some organizations in the university. So, I can adapt to the working environment.

I have included my resume within my application so that you can check my educational background and ability. Thank you for your time and consideration. I hope I can hear from you soon.

Sincerely,

Arieni Mayesha

Contoh Cover Letter Email Bahasa Inggris

Dear Nomortogelhariini Education,

I am so excited to send this email since I would like to apply for the Content Creator position in Nomortogelhariini Education as advertised on Kalibrr. My name is Arieni Mayesha, Bachelor of English Literature.

I have several experiences as a Content Creator. I became the founder of the Creative Writing Website and Teaching English Club. I was responsible for teaching the students about English. I also made some Creative writing contents that can be accessed by the public. With this experience, I am sure I can give more benefits to the company.

I have included my resume in this email. Thank you for your consideration.

Sincerely,

Arieni Mayesha

Gimana Sobat Nomortogelhariini, udah jelaskan apa itu cover letter? Gue juga sudah sharing pengertian, perbedaan cover letter dengan surat lamaran serta memberikan beberapa contoh.

Sekarang elo udah bisa dong membuatnya sendiri. Selamat mencoba ya, Sobat Nomortogelhariini. Have a good life ahead!

Diposting oleh: nomortogelhariini.net

Kategori: Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button

Bạn đang dùng trình chặn quảng cáo!

Bạn đang dùng trình chặn quảng cáo!